Tips Persiapan Umroh Dengan Berlatih Fisik
artikel07101718.jpg
Pentingnya Persiapan Umroh dengan Berlatih Fisik

Memiliki kesempatan untuk dapat melakukan ibadah umroh di Tanah Suci menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi seorang muslim. Kesempatan untuk mengunjungi Baitullah, beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam dunia keislaman tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Namun tentunya, penuhnya jadwal saat berada di Tanah Suci akan menuntut persiapan umroh yang matang. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan berlatih fisik agar tidak cepat lelah saat beribadah nantinya.

 

1.  Jogging

Berjalan kaki adalah salah satu aktivitas yang sudah pasti akan Anda lakukan karena saat berada di Tanah Suci, Anda juga harus melakukan tawaf, melempar jumroh, serta melakukan Sa’i. Semua aktivitas tersebut menuntut Anda memiliki fisik prima. Untuk itu, Anda perlu melakukan persiapan umroh dengan berlatih jogging atau sering berjalan kaki. Anda bisa melakukannya di pagi hari saat udara masih segar, atau di sore hari ketika matahari sudah condong ke barat.

 

Latihan fisik ini tidak dapat dilakukan secara instan. Anda perlu melakukannya secara teratur, mulai dari 2 - 4 bulan sebelum keberangkatan. Namun, jika Anda punya kebiasaan berjalan kaki, itu adalah awal yang baik karena jika selama ini Anda lebih sering mengandalkan kendaraan seperti motor dan mobil, Anda akan bisa merasakan perbedaannya. Oleh karena itu, persiapan umroh dalam hal fisik perlu dilakukan jauh-jauh hari.

 

2. Latihan Peregangan dan Pelemasan Otot

Berlatih fisik sebagai persiapan umroh tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran dengan mengangkat barbel, melakukan push-up dan sit-up hingga berpuluh-puluh kali. Aktivitas tersebut akan terasa sulit, terutama bagi Anda yang sudah berumur 40-an tahun ke atas. Selain melakukan jogging, Anda juga perlu melatih peregangan dan pelemasan otot agar otot-otot tidak kaku. Olahraga seperti ini penting sekali dilakukan untuk mengadaptasikan tubuh saat nanti beraktivitas di Tanah Suci.

 

3. Ketahui Kekuatan Diri ketika Berlatih Fisik

Ketika Anda terlalu bersemangat untuk melakukan ibadah umroh, Anda mungkin akan menjadi lebih giat untuk melakukan olahraga fisik. Namun, Anda perlu mengukur kemampuan diri dan menyesuaikan dengan usia Anda. Jika terlalu berlebihan, resiko cidera dan kelelahan dapat menghampiri Anda.

 

Rutinitas dalam melakukan olahraga juga penting dilakukan. Anda disarankan berlatih paling tidak 3 – 4 kali dalam seminggu dengan jangka waktu 30 – 40 menit. Jika ini terasa berat, Anda bisa memulainya dengan berjalan perlahan. Setelah tubuh dapat beradaptasi, Anda bisa mulai dengan berlari-lari kecil. Selanjutnya Anda dapat menambah tempo dengan berlari cepat. Namun, pastikan untuk melakukan pemanasan setiap kali Anda berlatih fisik untuk persiapan umroh.

 

Melakukan persiapan umroh jauh-jauh hari dapat memberi waktu kepada tubuh Anda untuk beradaptasi dengan aktivitas fisik yang harus Anda lakukan selama menjalani ibadah umroh di Tanah Suci Mekkah. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi seluruh rukun umroh dengan nyaman tanpa rasa lelah yang berlebihan.

 

Sumber :

media.ihram.asia/2014/06/21/sebelum-beribadah-lakukan-latihan-fisik-1/, diakses pada tanggal 20 Oktober 2016

puskeshaji.depkes.go.id/webs/berita-145-persiapan-sebelum-berangkat-ke-tanah-suci.html#.WAgQr_6KTMw, diakses pada tanggal 20 Oktober 2016

Bagikan artikel ini:
Berita Terbaru